Lanjut ke konten

Episode 26 : Tentang Monyet

Maret 1, 2009

Entah ada gerangan apa, akhir2 ini saya tertarik dengan yang namanya “Monyet”. Hahaha…tunggu tunggu..jangan tersinggung dulu ya, ini bukan tentang kamu, tapi tentang monyet yang bener bener monyet! Monyet yang binatang, yang suka buat ejek2an, yang kepintarannya paling dekat dengan species manusia. Iya, entah mengapa saya tertarik dengan makhluk satu itu. Tingkahnya lucu, ekspresinya kocak, dsb…pokoknya bikin ketawa lah, hahaha..

Tunggu…tapi coba sanya tanya.. Monyet seperti apa yang ada di bayangan kamu? monyet yang hitam, kecil, pintar, yang jadi temennya Tarzan? Atau monyet coklat yang sering ada di kebun binatang, yang sering kamu ajak foto berdua, sampai2 dari hasil fotonya susah untuk dibedain mana yang kamu dan mana yang monyet? Ataukah monyet kecil lusuh yang suka pergi ke pasar, bawa payung, dan naik sepeda kalo lagi atraksi di depan anak2 kecil? atau jangan2 kamu bayangin saya?? *siapin sepatu buat nyumpel mulut kau kalo emang bener* 

Sadarkah kita sering menyebut kata-kata kamu monyet, tapi tidak jelas yang mana sebenernya yang namanya monyet? Lalu apa bedanya sama orang utan? Simpanse? Kera? dan KINGKONG? berikut hasil searching saya yang kurang kerjaan sangat penting ini.

MONYET

Disebutkan bahwa di dunia ini ada sekitar 264 spesies monyet yang ada di dunia. Karena bentuk fisiknya yang mirip2, maka beberapa jenis kera lain seperti orang utan dan simpanse sering ikut2 disebut sebagai Monyet. Padahal mereka jenis yang berbeda. Nah, gambar di samping ini nih yang dalam bahasa Indonesia bernama MONYET. Jenis kera yang sering kalian panggil Sariyem pergi ke pasar.  

Berkas:Monkey batu.jpg

Monyet Batu

Berkas:Jigokudani hotspring in Nagano Japan 001.jpg

Monyet Jepang mandi air panas

monkey_n_cat.jpg picture by mudskippaz

what the he** are you doing??

 

Perhatikan baik-baik fotonya nanti kita bandingin dengan jenis kera lainnya… Untuk saat ini ada yang merasa mirip?

Oke..kita lanjutkan..

 

SIMPANSE

Simpanse ini, yang sering jadi temennya Tarzan dalam beraksi, dalam bahasa inggris sebagai chimp. Simpanse sendiri adalah nama umum dari 2 spesies kera dalam genus Pan. Biasanya kulitnya berwarna hitam kecoklatan dan berbulu hitam. Simpanse yang paling dikenal adalah dari golongan Pan troglodytes, yang habitat terbanyaknya adalah di daerah Afrika Barat, dan Afrika Tengah. Dari pihak sepupu terdekat dengan simpanse, dikenal pula Bonobo atau “Pygmy Chimpanzee” yang berasal dari golongan Pan paniscus, dan banyak ditemukan di Kongo. Sungai Kongo menandai batas dari kedua golongan simpanse tersebut. Ini nih potonya..

Berkas:South Djoum Chimp.jpg

Chimp

Monyet.jpg picture by opiepippo

lucu banget!

 

Lagi-lagi perhatikan baik ya wajahnya.. nah..udah merasa mirip belum?? hahaha…. Oke, sekarang udah dua, monyet dan simpanse. Kita berlanjut ke jenis selanjutnya, yaitu…

 

ORANG UTAN

Urusan kera yang satu ini, saya  yakin kalian juga sudah familiar karena sering liat di kaca waktu sisiran. Istilah orang utan diambil dari bahasa Indonesia dan/atau bahasa Melayu, yang berarti manusia (orang) hutan. Mereka memiliki tubuh yang gemuk dan besar, berleher besar, lengan yang panjang dan kuat, kaki yang pendek dan tertunduk, dan tidak mempunyai ekor (perhatikan bahwa monyet punya ekor). Orang utan berukuran 1-1,4 m untuk jantan, yaitu kira-kira 2/3 kali ukuran seekor gorila dewasa. Tubuh orang utan diselimuti rambut merah kecoklatan. Mereka mempunyai kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi. Orang utan jantan memiliki pelipis yang gemuk. Mereka mempunyai indera yang sama seperti manusia (ada yang merasa namanya Indra?), yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecap, dan peraba. Telapak tangan mereka mempunyai 4 jari-jari panjang ditambah 1 ibu jari. Telapak kaki mereka juga memiliki susunan jari-jemari yang sangat mirip dengan manusia.

Dari deskripsi di atas adakah yang merasa telah menemukan jatidirinya yang sebenernya? kalau belum, berikut saya sertakan fotonya..

Berkas:Orangutan.jpg

Manusia hutan

Orang utan juga bisa stress

Udah mirip belom sama yang satu ini? Udah berhasil menemukan asal usul lahirnya kamu? mengapa berbeda dari yang lain? mengapa banyak bulu di tubuhmu? mengapa bibirmu memble? *aku mengerti,pertama2 memang susah untuk mengakui yang sebenarnya* 

Kita lanjutkan..

 

KERA

Kera adalah anggota superfamilia Hominoidea dari ordo Primata. Dalam sistem taksonomi saat ini ada dua familia hominoid:

  • familia Hylobatidae terdiri dari 4 genus dan 12 spesies gibbon, termasuk Lar Gibbon dan Siamang
  • familia Hominidae terdiri dari orangutangorillasimpanse, dan manusia.

 

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Primata
Upaordo: Haplorrhini
Parvordo: Catarrhini
Superfamili: Hominoidea
Gray, 1825

Jadi, bisa dikatakan bahwa Kera adalah sebutan umum untuk memanggil monyet, orang utan, simpanse, dsb. Jadi saat kamu bertemu seseorang, dan kalian susah untuk membedakan apakah ia monyet, orang utan, simpanse, manusia atau yang lainnya, lebih baik panggil saja dia Kera. Saya takut ia akan tersinggung kalau Anda salah memanggilnya.

Lalu yang terakhir…

 

HANOMAN

Duh… kalo yang satu ini saya nyerah deh dia termasuk yang mana.. Saya enggak tau gan! Sungguh!

Berkas:God Hanuman.jpg

Hanoman ini ya?

Yang bener putih atau hitam??

 —————————————————————————————————————–

Jadi, Andi termasuk jenis yang mana?


About these ads
9 Komentar leave one →
  1. Maret 1, 2009 18:30

    ya Alloooooooooooooooooohhh!!!

    kurang kerjaan jaaaaaannnn…

    lah avatarmu ki sing jenis ndi le?
    hehehe

    monyet lu bim.. *ngeloyor*

  2. Jogjaboy permalink*
    Maret 1, 2009 19:23

    Kera kau ki…

  3. Maret 2, 2009 03:06

    kasiaaan yg namanya sari —> sariyem (doh)

    • Jogjaboy permalink*
      Maret 2, 2009 08:14

      hehe..nasib itu cing, maap2 ya :D
      cing, mau aku buatin artikel tentang cacing po? (woot)

  4. bos jay permalink
    Desember 29, 2009 07:23

    lumayan artikelnya nih,lutuna,,,,btw kok gk d yg mirip ma kau y!

  5. Januari 25, 2010 02:01

    TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

    • Jogjaboy permalink*
      Januari 25, 2010 18:12

      syukurlah kalau tulisan saya tentang monyet ini bisa bermanfaat untuk regenerasi.. *bingung harus berkomentar apa*

  6. Agustus 28, 2012 12:34

    mas bikin ide cerita ini jadi game aj…game online indonesia,koyo LostSaga,ito toh mas…
    heehh…tokoh charakternya pewayangan semua sma sejarah indo biar lestarikan sejarah indonesia,anak bangsa jadi bangga mas….uwis maksih…….

  7. Maret 29, 2013 15:09

    Ketawa saya membacanya.. lucu,,monyetnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: