Skip to content

Episode 3 : Indonesia Kalah

Mei 17, 2008

Hello guys!!

Ucapan bela sungkawa sekaligus apresiasi yang sangat besar saya berikan kepada Tim Thomas Indonesia.

Pertandingan tadi malem bikin saya dan temen sekos saya deg deg seerr….

Pertarungan hebat dan tak kenal lelah oleh Sony Dwi Kuncoro akhirnya kandas di set ketiga.

Pertarungan yang tak kalah sengit ditunjukkan oleh Marcus dan Hendra, sayang perjuangan mereka kandas di set ketiga.

Pertarungan berikutnya, Taufik Hidayat, sedikit melempem, kalah dua set langsung dengan perbedaan angka yang bisa dibilang cukup besar.

Ada satu hal menarik yang gw perhatikan dari pertandingan tersebut,gini… kualitas pemain kita bagus, ga kalah dong! Peringkatnya pemainnya aja  di atas pemain Korea. Permainan berkualitas. Tapi nyadar ga? kita sering kehilangan angka karena kesalahan2 yang kita buat sendiri. Gagal servis..net..out..net lagi..out lagi..oh tidak lagi2 net! Damn! Ya,kesalahan2 yang sebenarnya tidak perlu dilakukan oleh seorang/sepasang pemain kelas dunia.

Ya, dalam pertandingan tersebut, kita kalah oleh diri kita sendiri.

* bagaimanapun juga saya tetap kasih applause buat semangat mereka….plok100x!!

Oke, dari pertandingan tersebut sebenarnya kita bisa tarik benang merah ke diri kita sendiri dan juga bangsa kita Indonesia. Dari hasil pengamatan, gw perhatikan sebenarnya kualitas dan performansi orang Indonesia itu ga jelek2 amat…justru sangat bagus! lihat deh lomba2 seperti lomba sains dan lomba business, Indonesia sering juara. Temen2 yang kerja di luar negeri juga berjibun (dan posisinya ga tanggung2). Bahkan orang Indonesia ada yang punya pabrik deterjen yang merupakan market leader di Afrika dengan menguasai 40% market sharenya (ga tau kan lo, hehehe). Lalu kenapa secara keseluruhan masyarakat kita gini2 aja ya…ga maju2??

Kita dibuat kalah oleh diri kita sendiri. Yap, itu jawabannya.

Seperti dalam pertandingan tersebut, kita punya kualitas yang ga kalah. Dan kita kalah bukan karena kita di KO lawan, tapi kita kesandung sendiri..jatuh,,pingsan..KO deh… (gw bayangin kalo ada pertandingan tinju terus dia pingsan gara2 kesandung bakal lucu jg ya,wakaka :D)

Gw sendiri sadar, kadang gw menganggap remeh sesuatu hal. Waktu ada tugas,yah…ntar aja lah,gampang….ntar juga beres.. Mau masuk kuliah, ah males ah…paling juga gitu2 doang….besok aja masuknya… dst. POOR PREPARATION. Begitu deadline! gedabig…gedibag…gedabug….pontang panting! begitu ujian dan soal-nya susah…baru gw bingung deh..putar otak, banting otak, lempar otak, sepak otak (ga jg lah). Ya, terkadang kita meremehkan sesuatu, kita tidak fokus dan tidak menyiapkan sesuatu dengan baik. Nah kalo preparation aja belum, gmn kita mau melakukan “persiapan yang cerdas”?? (seperti persiapan yang telah dilakukan Korea–keliatan lho permainan kita udah kebaca sama mereka)

Yup POOR of PREPARATION, and POOR of “SMART PREPARATION”. Itu yang pertama.

Yang Kedua, *jadi inget lagu, jadikan aku yang keduaa..buatlah diriku bahagiaa…lalalal…lalalala…lupa liriknya :p hehehehe… ehmm…sudah bim sudah,karaokenya ntar di rumah aja,back to topic*

Yang kedua, kita suka membatasi diri kita sendiri. Ya,Ntah kita yang merasa beda kelas-merasa kita ga mampu, atau justru kita merasa jadi yang paling pintar sendiri sehingga diri kita terbatasi untuk maju dan melihat dunia yang lebih luas. Yup, gw juga kadang merasa gitu. Kadang gw merasa ga mampu, dan kadang gw juga merasa jadi orang yang keminter. Aduh, gawat tuh kalo sampe kita kejebak dengan kedua sikap itu….IT KILLS US FROM THE INSIDE,BRO! Carrefour please! ehh….careful please!

Sementara baru itu sih,

Ada yang mau menambahkan??

One Comment leave one →
  1. Mei 17, 2008 15:57

    iya tuh, saya pas liat tu pertandingan, rasanya berdebar-debar, banyak banget kesalahan yang dibuat sendiri, tapi ga pa2 deh namanya juga pertandingan, ada yang menang dan ada yang kalah, mudah2an yang udah dapet gelar juara (sony, taufik, dan yang lain) bisa menerima kekelahan ini dengan jiwa yang besar. masih ada thomas dan uber cup 2 tahun mendatang.😀. Ayo bangkit!!!

    ayo kita dukung final uber. semoga juara!!

    betewe, saya link yah blog anda.:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: