Skip to content

Episode 10 : Journey to JOGJA

Juli 18, 2008
tags:

Aqua Dingin, Aqua Dingin!

Popmie! Kopi kopi! Popmie!!

Nasi Ayamnya a’! Nasi Ayam!! Masih anget. Mau a’ ? Nasi Ayam?

Begitulah suara2 yang umum terdengar kereta Lodaya Bisnis antara Bandung dan Jogja. Suara-suara yang selalu membangunkan orang-orang yang sedang terlelap tidur dengan tanpa rasa segan sama sekali. Biasanya penjual2 itu mulai berteriak di kereta Lodaya kami sekitar pukul 12 malam. Ya, makanya tadi saya bilang lagi enak2nya tidur, eh….

Ya tapi mau gimana lagi? Penjual2 itu biasanya ada mulai di Tasikmalaya, yang notabene sekitar 4 jam dari Bandung. Jadi kalau kereta Lodaya brgkt jam 20.00 dari Bandung, otomatis sampe Tasik jam 12an… Ya..Mulai deh…pada kaget-kaget bangun dari tidur. Jadi kadang2 kita langsung pake Jurus Dewa 1, yaitu jurus pura2 ngantuk dan tidur! biar gak ditawarin, hehehe😀 EH…jangan salah lho! para tukang aqua popmie dan kopi dan nasi ayam dan.. (ga bisa disebutin satu2, banyak) itu matanya sangat jeli. Begitu kita bangun….. Begitu kita melirikkan sedikit mata kita ke tukang tersebut…. Matanya….langsung menangkap mata kita! Lalu langkahnya pun perlahan tapi pasti, langsung terarah ke tempat duduk kita. Dan dengan wajahnya yang membujuk, dia berkata “a’ nasi ayam? mau? masih anget.” atau “Aqua a’? mau?” (sambil nyodorin air botol, yg walaupun mereknya bukan Aqua tapi tetep aja keukeuh dibilang Aqua). Makanya, kalau tidak mau diganggu, cara satu2nya adalah dengan JURUS DEWA 1 yang terbukti selalu manjur, hahaha..

Lewat Tasik, cobaan 1 lewat. Tapi jangan harap itu udah berakhir lho kawan?! Masih ada beberapa tempat lagi yang punya cobaan yang sama yang membuat usaha kita untuk tidur terasa sia-sia… Yah, tapi kalo udah 4 tahun pengalaman bolak-balik sih lama2 kita kebal juga kali. Lama2 udah ga krasa tuh yang pada teriak2 popmie aqua dsb itu. Tapi di luar semua itu ada satu pengamatan yang menarik. Bayangkan…..sebuah perjalanan yang melintasi jarak yang begitu jauh…dengan melintasi kebudayaan yang berbeda (SUNDA dan JAWA)…yang dipisahkan oleh kondisi geographis yang begitu menawan….maka akan terbayang bahwa setiap individu masyarakat akan memiliki ciri khas yang dibawa oleh daerahnya masing2….Indah bukan bayangan kalian?🙂 Tapi satu hal yang mengejutkan itu adalah…….DAGANGANNYA SAMA SEMUA!

*bengong  *takjub

Jadi ya temen2, dari yang namanya Tasik, sampe Tegal, sampe Kebumen, jualan utamanya cuma 3 macem!

  1. Tukang Popmie a.k.a Tukang Kopi a.k.a Tukang extrajoss, dsb. Pokoknya yang diseduh pake air anget deh.
  2. Tukang Aqua a.k.a Tukang Mizone (baca:Mijon)
  3. Tukang Nasi Ayam.

Pertama, yang lebih aneh lagi selain ada 3 pola macam yang sama, sisi teknisnya pun juga sama! ga ngerti? jadi gini….si tukan popmie itu metode dagangya pake termos gede, digendong, terus di sekeliling tuh termos dikelilingin sama makanan dan minuman instan. Takjubnya, desainnya dari Jawa barat sampe jawa tengah gak ada bedanya! bener-bener sama persis!

Kedua, tukang nasi. Nah, si tukang nasi Sunda sama tukang nasi Jawa ini, yang dijual sama-sama nasi ayam coba! Dari sekian banyak jenis makanan yang ada, kenapa dari ujung ke ujung bisa sama2 nasi ayam? Dan yang lebih unik lagi, sama2 ditaruh di baskom. Nah baskomnya yang bahannya dari besi, dan bentuknya bulet. Tau kan? What a coincidence! that’s awesome!😮

Pokoknya banyak deh kalo kita perhatiin keanehan2 yang ada di sekeliling kita. Keanehan2, hal2 yang baru, yang memperkaya diri kita sebagai manusia🙂 Coba, udah pernah belum liat orang yang bayar langsung di atas ke kondektur? udah pernah liat gerbong penuh waktu lebaran, sampe orang pada tidur di bawah2 pake koran? Udah pernah ketinggalana kereta sampe akhirnya naik bis ekonomi Bandung Jogja. Bisnya sempet dioper pula, dan perjalanan yang harusnya 8 jam jadi 15 jam? Kalo belum…cobain deh, jangan enak2an di tempat AC mulu. Gak seru! Di mana ada banyak gangguan dan ketidakmudahan, di situ baru kita bener2 merasa hidup dan bener2 melihat dunia yang sesungguhnya. Walaupun pengalaman gw jg belum seberapa sih ;P hehehe…

Sekian. Besok gw sambung lagi ya cerita tentang jalan-jalan gw ke Solo bersama kekasih tercinta!

C U !😉

6 Komentar leave one →
  1. Juli 20, 2008 08:43

    Wah seru juga yah, yah disitulah suka duka bila melakukan perjalanan jauh.
    masalah dagangannya yang sama, mungkin mereka sudah melakukan riset pasar bareng-bareng, dan melakukan analisis metode mana yang harus digunakan untuk meminimasi waktu set up ketika ada order, jadinya yang dijual sama deh. hehehe. Ato barangkali yang anda lihat adalah orang yang sama? hehe tapi ini kemungkinannya kecil sih.
    kapan-kapan ajak saya ke jogja donk bos. Hehehe.

  2. Bimas Abimanyu permalink*
    Juli 20, 2008 12:21

    Ga mungkin beda bos, muka sampe logat aja beda, hehehe😀
    Ayo ditunggu kapan mau ke Jogjanya, nanti kabar2i aja.

    VISIT JOGJA KAPAN AJA GA HARUS 2008

  3. Juli 22, 2008 09:34

    jadi lagi di jogja ni bim….
    ikut kumpul kumpul kahh…..

  4. Bimas Abimanyu permalink*
    Juli 22, 2008 10:06

    Sayangnya enggak sit,
    Itu udah kemaren🙂
    Sekarang ini lagi semedi di Bandung
    Mencoba nyari wangsit, biar TA cepet slesai, hehehe

  5. Juli 23, 2008 08:49

    hahaha…
    sama bim.
    ni juga lagi di bogor cari inspirasi😀

  6. Oktober 22, 2008 17:13

    I want ‘update’

    I want ‘update’

    I want ‘update’

    I want ‘update’

    I want ‘update’

    I want ‘update’

    I want ‘update’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: